Sambut Hari Habitat dan Hari Kota Dunia, Ini yang Dilakukan BPPW Sulut

Sambut Hari Habitat dan Hari Kota Dunia, Ini yang Dilakukan BPPW Sulut


Warta PU - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Sulawesi Utara melalui Balai Prasarana Permukiman (BPPW) Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan parade bersih-bersih dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia tahun 2023 di Kawasan Pantai Malalayang Kota Manado.


Kegiatan ini dihadiri oleh pegawai UPT PUPR di Sulawesi Utara serta perwakilan beberapa instansi baik dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara maupun perwakilan dari Pemerintah Kota Manado. 


Dalam sambutannya, Adji Krisbandono selaku Kepala BPPW Sulut menyampaikan bahwa Kementerian PUPR terus memberikan dukungan pembangunan infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi perkotaan yang tangguh. 


Ketersediaan infrastruktur yang handal juga berpengaruh terhadap dimensi pembangunan lain seperti pendidikan, sosial, kesehatan, aksesibilitas wilayah dan lainnya. 


Hal ini sesuai dengan Tema Nasional HHD-HKD yang diusung tahun 2023 yakni “Ekonomi Perkotaan yang Tangguh menuju Permukiman Berkelanjutan untuk Semua”, 


Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR telah banyak menyelesaikan pembangunan infrastruktur perkotaan seperti Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah, Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT), serta ragam Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat seperti Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas).


Selain implementasi infrastruktur, upaya meningkatkan kepedulian semua pihak terkait kolaborasi pembangunan perkotaan juga dilakukan dalam bentuk Peringatan HHD-HKD 2023 melalui serangkaian acara salah satunya lewat National Urban Forum (NUF) sebagai salah satu bentuk forum inklusif yang membahas isu kompleks perkotaan. 


Selain itu, dilakukan juga kegiatan ioerasionalisasi Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle. (TPS3R) bersama Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) se-Indonesia selama bulan Oktober 2023.


Foto : Melky & Hendra

Grafis : Hendra

Pelaporan Kegiatan : Tim Davis 

Lokasi: Malalayang Beach Walk (MBW)


Lebih baru Lebih lama