Perwakilan World Bank Kunjungan di Kota Manado

Perwakilan World Bank Kunjungan di Kota Manado 


Warta PU - Dalam rangka menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi pelaksanaan kegiatan Citywide Inclusive Sanitation Towars Safely Managed Urban Sanitation Services Project (CWIS-SMUSSP)/Sanitasi Aman Perkotaan (SaniManTaP), perwakilan World Bank melakukan kunjungan ke Kota Manado selama 3 (tiga) hari dengan agenda antara lain melakukaan rapat koordinasi lanjutan terkait pemenuhan readiness criteria, kunjungan lokasi, serta pembahasan DED dan safeguard. 


Dalam kunjungannya ke Manado, Tim World Bank bersama-sama dengan tim BPPW Sulut disambut oleh Kepala Bapelitbangda Manado, Liny Tambajong beserta jajarannya, para Lurah calon penerima manfaat, serta perwakilan dari SKPD terkait antara lain Dinas PUPR Kota Manado, Dinas LH Kota Manado, dan PDAM Manado dalam rapat tindak lanjut kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan di Jakarta. Dalam hasil rapat tersebut, Pemerintah Kota Manado bersedia untuk melengkapi readiness criteria yang diperlukan untuk kegiatan CWIS-SMUSSP.


Selanjutnya, Tim World Bank, BPPW Sulut, dan Pemkot Manado melakukan kunjungan lapangan ke lokasi IPAL Kawasan Boulevard Manado yang terletak di Kawasan Megamas. Dalam kunjungan lapangan tersebut tim menelusuri jalur pipa dan memeriksa kondisi manhole eksisting, baik pada pipa SR maupun pada pipa utama.


Pada hari terakhir, Tim World Bank, BPPW Sulut, dan Pemkot Manado melanjutkan rapat pembahasan DED dan safeguard bertempat di ruang pertemuan kantor PDAM Manado.  Dalam rapat tersebut, Kepala Sub Direktorat Perencanaan Teknis Direktorat Sanitasi, Marsaulina Pasaribu menuturkan kegiatan Optimalisasi IPAL Kawasan Boulevard akan dilaksanakan secara MYC tahun 2024-2025 dan rencananya akan menggunakan biaya dari World Bank. Selanjutnya, akan ada pendampingan dari World Bank untuk kelembagaan pengelola infrastruktur terbangun. Pemkot Manado juga akan memastikan bahwa infrastruktur terbangun siap diterima oleh Kota Manado, untuk itu diharapkan sebelum bulan Desember 2023 semua dokumen Readiness Criteria harus sudah tersedia.


Foto : Tim Perencanaan & Sanitasi

Grafis : Hendra

Pelaporan Kegiatan : Tim Davis 


Lebih baru Lebih lama