Menteri PUPR Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Simpang Indralaya - Prabumulih

Menteri PUPR Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Simpang Indralaya - Prabumulih


Palembang,  Warta PU - Presiden Jokowi didampingi Menteri Basuki meresmikan Jalan Tol Simpang Indralaya - Prabumulih sepanjang 64,5 km dan Flyover Patih Galung sepanjang 382 meter pada Kamis (26/10/2023).


Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera di Sumatera Selatan yang akan meningkatkan mobilitas barang dan jasa, sehingga memacu pertumbuhan ekonomi untuk daya saing bangsa Indonesia semakin baik. Jalan tol ini juga memangkas jarak tempuh dari Palembang ke lampung, yang dulunya memakan waktu 10-12 jam  menjadi hanya 3,5 jam.


Presiden menekankan bahwa pembangunan Jalan Tol Simpang Indralaya - Prabumulih senilai Rp13.1 triliun sejak tahun 2018 tidaklah mudah, mengingat tantangan medan yang cukup sulit. Namun, manfaatnya bagi negara dan rakyat akan sangat signifikan, terutama jika jalan tol ini dapat dihubungkan dengan sektor-sektor penting seperti pertanian, pariwisata, perkebunan, dan industri.


Ronal, warga Palembang yang berprofesi sebagai driver mengatakan, kehadiran Jalan Tol Indralaya-Palembang dan Flyover Patih Galung sangat membantunya dalam mempercepat waktu tempuh dari Palembang ke Muara Enim. " Sebelum ada Flyover Patih Galung sering macet apalagi kalau Kereta Api Batu Bara lewat, antrian kemacetan bisa sampai setengah jam bahkan terkadang hingga satu jam, sekarang alhamdulillah tidak ada kemacetan lagi di jalur kereta apinya," ujarnya.


Ronal juga mengaku, sejak Tol Indrayala-Prabumulih selesai, sekarang waktu tempuh dari Palembang ke Muara Enim hanya sekitar 2 jam dari sebelumnya bisa sekitar 4 jam. 



Lebih baru Lebih lama