Pelaksanaan Penilaian Tahap II Evaluasi Kinerja dan Penguatan Kelembagaan P3A Tingkat Nasional 2023

Pelaksanaan Penilaian Tahap II Evaluasi Kinerja dan Penguatan Kelembagaan P3A Tingkat Nasional 2023


Konawe, Warta PU - Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari mengikuti Pelaksanaan Penilaian Tahap II Evaluasi Kinerja dan Penguatan Kelembagaan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Tingkat Nasional Tahun 2023.


Kegiatan ini dihardiri oleh Kepala Dinas PUPR Kab Konawe, Kepala Dinas Pertanian Kab Konawe, Lurah Wawonggole Kec Unaaha, Kab Konawe, Satker TPOP Dinas SDA dan Bina Marga Prov. Sultra, Ketua Komisi Kab. Konawe, Ketua UPI, Pengamat DI Wawotobi - DI Ameroro, Petugas OP BM2 Wilayah Unaaha dan Ketua P3A Bose-Bose.


Teuku, SH selaku Lurah Wawonggole Kec. Unaaha Kab. Konawe membuka kegiatan dengan mengucapkan terimakasih atas partisipasi kegiatan dilaksanakan, beliau juga mengatakan bahwa selama menjabat kurang lebih 2 tahun, masa panen di Kelurahan Wawonggole selalu mendapatkan hasil yang baik, yang merupakan hasil dari kekompakan para petani.


P3A merupakan kelembagaan pengelolaan irigasi yang menjadi wadah petani pemakai air dalam suatu daerah layanan/petak tersier atau desa yang dibentuk secara demokratis. Tujuan dibentuknya P3A yaitu agar dapat memiliki kemandirian dan kemampuan dalam menghadapi permasalahan yang timbul di tingkat tersier, serta memfasilitasi dan mengatur pembagian air yang didasarkan pada luas areal sawah di daerah irigasi setempat.


Selanjutnya, Kepala BWS Sulawesi IV Kendari Agus Safari ST., MT menyampaikan dengan harapan, bahwa P3A Bose-bose nantinya dapat menjadi juara nasional, dan melalui kegiatan ini juga diharapakan dapat selalu menjadi motivasi untuk terus bekerja lebih maksimal.


Sebelum itu, sebanyak 12 P3A tahap 1 sudah dilakukan seleksi, hingga saat ini tersisa 5 besar P3A, salah satunya Saung P3A Bose - bose yang masuk dalam seleksi. 


Menutup Kegiatan ini Bapak Ir. Mudjiadi S.Mc selaku Tim Evaluasi Kinerja dan Penguatan Kelembagaan P3A menjelaskan bahwa kegiatan tahun ini merupaka kegiatan yang beda dengan kegiatan sebelumnya, dimana kegiatan sebelumnya adalah fokus kejuaraan P3A, Sedangkan untuk kegiatan tahu ini, akan fokus penilaian kinerja yang terbaik sehingga dapat dijadikan contoh untuk P3A yang lainnya. 



Lebih baru Lebih lama