Kepala BWS Sulawesi IV Ikuti Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi Jasa Konstruksi Terintegrasi

Kepala BWS Sulawesi IV Ikuti Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi Jasa Konstruksi Terintegrasi


Kendari, Warta PU - Kepala BWS Sulawesi IV Kendari mengikuti Sosialisasi Pemanfaatan Sistem Informasi Jasa Konstruksi Terintegrasi pada aplikasi SIPBJ, SIKOMPAK, dan SIMPAN dalam Proses Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang digelar oleh Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) pada Kamis (12/10) di Phinisi Ballroom, Claro Hotel Kendari.


Kegiatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama oleh bapak Z Tolhas P Sidabutar, Dipl.UM, MM Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) dalam materinya beliau menjelaskan Aplikasi SIMPAN dikembangkan sebagai salah satu upaya mendorong transparansi data, akuntabilitas dan profesionalisme Badan Usaha dan tenaga ahli melalui keterbukaan informasi dan kemudahan akses terhadap data/dokumen pengalaman penyedia jasa. Dengan tersimpannya data pengalaman pada aplikasi SIMPAN maka penyedia jasa tidak perlu lagi menyampaikan data pengalamannya setiap kali mengikuti seleksi/tender pengadaan barang/jasa.


Pada kesempatan yang sama, materi kedua dilanjutkan oleh Direktorat Pengadaan Jasa Konstruksi bapak Dasdo Yessa dalam materinya beliau memaparkan: Penerapan Aplikasi Sistem Informasi Pengadaan Barang Jasa (SIPBJ), Sistem Informasi Pengalaman (SIMPAN) dan Sistem Informasi Kontrak serta Manajemen Pengendalian Pelaksanaan Kontrak (SIKOMPAK) dalam Pengadaan Barang/ Jasa.


Fungsi SIPBJ merupakan Sebagai bank data dan backup dokumen dalam proses Pengadaan Barang Jasa mulai dari Perencanaan sampai dengan serah terima. Sedangkan SIKOMPAK adalah Sebagai pedoman bagi pemangku kepentingan dalam melaksanakan Kontrak berbasis elektronik yang menggunakan aplikasi yang bertujuan monitoring pelaksanaan pekerjaan berbasis elektronik menggunakan aplikasi.


Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini sebagai persiapan menuju Pelaksanaan  Tender/Seleksi  Dini TA. 2024. Untuk mewujudkan reformasi birokrasi, peningkatan kemampuan dan pemahaman sumber daya  manusia di lingkup Balai/UPT PUPR  Wilayah Sulawesi Tenggara.



Lebih baru Lebih lama