Giat Jum'at Salam Disperkim NTB



Giat Jum'at Salam Disperkim NTB


NTB - Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi NTB menghadiri Kegiatan Launching Program JUM’AT SALAM pada Jum'at, 27 Oktober 2023 bertempat di Agrowisata Melon Golden Desa Kebun Ayu Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat yang dibuka langsung oleh Pj. Gubernur NTB, Bapak Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si.


Kegiatan JUM’AT SALAM (Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan) merupakan Program Pemerintah Provinsi NTB yang diinisiasi oleh Pj. Gubernur NTB yang bersinergi dengan Jaga Desa Program Kejaksaan Tinggi Negeri NTB yang nantinya semua Perangkat Daerah akan turun langsung ke Desa dalam membantu dan mempercepat pembangunan Desa.


Kegiatan ini langsung dihadiri oleh Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi NTB, Bapak Sadimin, ST., MT, bersama Ibu Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Perumahan dan Kepala Bidang Permukiman, Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Disperkim Provinsi NTB. Hadir juga dalam kegiatan ini semua Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Forkopimda dan Perangkat Daerah Setempat.


Setelah mengikuti Acara Launching Gerakan JUM'AT SALAM di Agrowisata Melon Golden, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi NTB bersama Tim melakukan kunjungan ke Desa Kuripan Selatan yang merupakan salah satu bagian dari Desa Binaan Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi NTB.

 

Silaturahmi dilaksanakan di Aula Kantor Desa Kuripan Selatan dan diterima langsung oleh Bapak Kepala Desa, Sekretaris Desa, Babinsa dan Kepala Lingkungan yang diawali dengan diskusi mengenai potensi dan permasalahan di Desa Kuripan Selatan, diantaranya: 


1). Masalah ketersediaan air bersih beberapa dusun menunggu drop-dropan tangki air dari BPBD atau Dinas Sosial dan beberapa Dusun menggunakan sumur bor yg sumber airnya cukup baik namun belum bisa terkelola dengan baik karena belum ada jaringan pipanya dan biaya pemeliharaan  yang sangat terbatas, sedangkan air bersih dari sumur tersebut sangat dibutuhkan masyarakat setempat dan kepala desa Kuripan selatan minta difasilitasi untuk pembiayaan APBN pada Balai Permukiman dan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I untuk perbaikan saluran irigasi yang menyebabkan banjir pada saat musim penghujan, 


2). Penyediaan Rumah Layak Huni bagi Warga yang belum memiliki rumah dan masih tinggal menumpang pada keluarga atau tetangganya


3). Penerangan jalan umum yang ada di sudut-sudut desa kondisinya masih gelap dan butuh penerangan pada malam hari untuk mengurangi kerawanan


Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi NTB menanggapi akan memfasilitasi pengusulan operasional sumur bor melalui program Pamsimas pada Balai Permukiman NTB dan perbaikan saluran irigasi pada BWS NT 1 dengan berkoordinasi ke Dinas PUPR Provinsi NTB sebagai mitra kerjanya, untuk permasalahan Rumah Layak huni saat ini yang mendapat bantuan adalah masyarakat berpenghasilan rendah yg memiliki hak milik atas tanah yang ditempatinya belum menyentuh pada keluarga hidupnya masih menumpang pada keluarga maupun tetangga, sedangkan untuk Penerangan Jalan umum khususnya didalam kawasan permukiman, masyarakat disarankan untuk membuat proposal usulan  yang bisa disampaikan ke Dinas perumahan dan Permukiman Provinsi NTB atau anggota-anggota DPRD Provinsi NTB atau Kabupaten yang memiliki Dapil di Desa Kuripan Selatan. 


#disperkimntb #ntbmajumelaju #ppiddisperkimntb #jumatsalam

Lebih baru Lebih lama