Genjot Infrastruktur Jalan di Buol, Dinas BM-PR dapat Atensi Positif Warga

Demi mengenjot pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah, pemerintah Rusdy-Ma'mun terus memberikan perhatian khusus utamanya akses jalan di tahun anggaran 2023. Salah satunya di Kabupaten Buol.


Genjot Infrastruktur Jalan di Buol, Dinas BM-PR Sulteng dapat Atensi Positif Warga


Buol, Warta PU - Demi mengenjot pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tengah, pemerintah Rusdy-Ma'mun terus memberikan perhatian khusus utamanya akses jalan ini di tahun anggaran 2023. Salah satunya di Kabupaten Buol.


Penanganan ruas jalan saat ini sedang dilakukan dan akan terus dilaksanakan hingga tahun mendatang untuk daerah- daerah penyangga produksi pertanian, perkebunan serta pertambangan.


Selain itu, proyek rehabilitasi maupun pemeliharaan terus dilakukan guna menjaga kondisi layanan jalan tetap fungsional sepanjang tahun.


Begitupun pembangunan jalan yang masuk daerah terisolir tetap akan digenjot agar ekonomi semakin melaju.


Perbaikan akses jalan adalah upaya Pemprov Sulawesi Tengah memberikan perhatian bagi wilayah- wilayah dengan penyerapan infrastruktur yang terbilang rendah, sehingga memacu geliat ekonomi baru di Sulawesi Tengah.


Sejak awal pemerintahan Rusdy Mastura-Ma'mun Amir gairah untuk mengenjot infrastruktur jalan dan jembatan terus dilakukan agar Konektivitas antar wilayah semakin membaik.


Sebab kata Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura dalam berbagai kesempatanya, bahwa infrastruktur jalan terus diperhatikan karena dapat mendukung pembangunan ekonomi serta menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru. 


Pemerintah menyadari betapa pentingnya pembangunan infrastruktur jalan yang bisa memperlancar distribusi barang dan jasa, serta mempersingkat waktu tempuh bagi petani menuju pusat penjualan terdekat.


Namun tentunya dalam setiap kegiatan pembangunan tetap mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah, sehingga penting tahapan survei terhadap daerah prioritas. 


Agar memenuhi aspek-aspek sosial dan bisa diterima masyarakat karena secara ekonomi menguntungkan.


Rusdy-Ma'mun Tepati Janji


Tahun 2023-2024, pemerintah provinsi Sulawesi Tengah ( Pemprov ) Sulteng melalui dinas Bina Marga dan Penataan Ruang melaksanakan hajatan mulia untuk pekerjaan rekonstruksi ruas jalan Air Momunu di Kabupaten Buol dengan system' tahun jamak ( MYC ).


Pantauan di lokasi proyek 19/10/2023, para pengguna jalan kini bisa mulai bernafas lega setelah jalan berkondisi buruk itu kini mulai dikerjakan, tahap demi tahap mulai dikerjakan seperti penimbunan badan jalan menggunakan material timbunan pilihan dari sumber quary yang sudah melalui uji dan disetujui untuk digunakan dalam kegiatan tersebut.


Menurut beberapa warga sekitar beberapa bulan terakhir ini kontraktor proyek melakukan pembersihan badan jalan, melakukan penimbunan yang selanjutnya dipadatkan dengan alat berat, termasuk juga pengerjaan drainase.


Beberapa pekan yang lalu saat media ini melakukan penelusuran, melihat dari dekat kegiatan peningkatan jalan tersebut, Senin 19/9), tampak beberapa unit alat berat sedang bekerja yakni sebuah grader yang meratakan permukaan jalan, sebuah excavator untuk menggali parit dan sebuh stonewalls alias bomag, alat berat untuk memadatkan badan jalan.


Meski baru beberapa waktu melakukan kegiatan, namun badan jalan di desa Momunu dan sekitarnya kini sudah mulai rata setelah grader mengeruk permukaan jalan yang berlubang-lubang, lalu ditutupi material pilihan kemudian dilindas dengan bomag, sehingga kendaraan bisa melaju lebih kencang karena lubang-lubang di badan jalan sudah tertutup material pilihan.


Tampak juga di lokasi beberapa orang yang sedang menuntaskan pekerjaan drainase, mereka terlihat fokus pada pekerjaan masing-masing, tampak juga seseorang yang diduga mandor bolak balik memeriksa pekerjaan sambil sesekali terlihat memberi petunjuk. 


Bahkan semua pekerja tampak mengenakan APD yang memang wajib dipakai sebagai alat pelindung, apalagi pada proyek yang nilainya lebih besar.


Seorang  pekerja yang ditemui menjelaskan bahwa proyek tersebut diawasi dengan ketat, bahkan beberapa saat yang lalu katanya ada rombongan bos-bos dari provinsi melakukan monitoring pekerjaan tersebut.


Kepala dinas Bina Marga dan Penataan Ruang provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Faidul Keteng. ST. M.Si. MT melalui Kepala Bidang Pembangunan Jalan Ir. Asbudianto. M.Si sebelumnya mengatakan bahwa ruas jalan Air Terang-Momunu ini ditangani dengan dana APBD Provinsi Sulteng dengan sistem kontrak tahun jamak ( MYC ), ruas jalan ini dan akan menjadi jalur strategis penghubung ke sentra komoditas pertanian dan perkebunan masyarakat.


Nantinya jalur ini akan membuat 2 Kecamatan di Kabupaten Buol yang kaya dengan sumber daya alamnya seperti, pertanian dan perkebunan ini, akan semakin berkembang dari sisi peningkatan kualitas hidup masyarakat.


Kalau proyek ini selesai, maka ruas jalan Air Terang - Momunu sepanjang 10 kilometer, sudah akan beraspal mulus seluruhnya dan akan terkoneksi dengan desa di sekitarnya.


Hal yang sama juga disampaikan PPTK proyek rekonstruksi ruas jalan Air Terang- Momunu Ir. Meidy Sumual. ST. MM, kegiatan ini bertujuan untuk memantapkan kondisi ruas jalan provinsi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya di Kabupaten Buol.


Pengerjaanya sistem kontrak tahun jamak ( MYC ) 2023-2024 sepanjang 10 kilometer untuk memudahkan pergerakan orang dan barang serta hasil pertanian dan perkebunan masyarakat.


Meski saat ini kondisi pekerjaan jalan masih dalam tahap pengerjaan, namun kendaraan yang melintas tidak lagi kesulitan saat melintas, berbeda dengan sebelum dilaksanakan pekerjaan, ruas jalan ini rusak berlubang karena berumur puluhan tahun dan layak untuk ditingkatkan.


" Pihaknya berharap proyek ini bisa memberikan dampak besar kemajuan pembangunan di Kabupaten Buol kedepannya" ujarnya.


Kepada media ini, mantan Kepala desa Guamonial Rudi Harus SPd mengucapkan rasa terima kasih kepada pemerintah provinsi khususnya Gubernur Rusdi Mastura dan Wakil Gubernur Ma'mun Amir atas kepeduliannya terhadap peningkatan kualitas jalan di Kabupaten Buol.


" Ini merupakan janji pak Gubernur yang ia sampaikan saat melakukan kampanye Pilgub di Buol, bahwa peningkatan infrastruktur jalan merupakan program prioritas yang akan dikerjakan jika terpilih sebagai Gubernur " terang Rudi Harun.


Janji tersebut pak Gubernur tunaikan dan dibuktikan dengan adanya pekerjaan jalan saat ini, terima kasih pak Gubernur kami mewakili masyarakat Buol, ungkapnya.


Tim Media

Lebih baru Lebih lama