Menteri PUPR Dampingi Presiden Tinjau Akses Tol IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau pekerjaan pembangunan Jalan Tol Akses IKN-Jembatan Pulau Balang-Ruas Tol menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara Rabu (1/11). 

Menteri PUPR Dampingi Presiden Tinjau Akses Tol IKN

Warta PU - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau pekerjaan pembangunan Jalan Tol Akses IKN-Jembatan Pulau Balang-Ruas Tol menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara Rabu (1/11). 


Jalan tol ini nantinya akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Nusantara dan mempercepat mobilitas barang dan orang dari dan menuju Nusantara. 


"Kalau biasanya kita ke IKN Nusantara lewat Tol Balikpapan-Samarinda, kemudian menuju Sepaku dan masuk ke Nusantara butuh waktu kira-kira 2 jam 15 menit, sekarang dibangun tol ini langsung dari Balikpapan menuju ke Nusantara kira-kira hanya 45 menit dengan jarak 57 km," kata Presiden Jokowi. 


Presiden Jokowi optimis pembangunan Jalan Tol akses IKN Nusantara dengan menerapkan prinsip pembangunan kota hutan dan kota pintar (smart forest city), dapat selesai dibangun pada Juli 2024. 


Penghijauan ruang milik Jalan Tol akses IKN Nusantara dilakukan Kementerian PUPR dengan menanam 60 ribu pohon asli/endemik Pulau Kalimantan.


Pembangunan kelengkapan jalan tol akses IKN Nusantara sekaligus paket pembangunan upaya memperindah Jembatan Pulau Balang sudah dikerjakan Kementerian PUPR pada September 2022. Pekerjaan antara lain, pembangunan Pelindung Tumbukan Kapal (fender), pengaman jembatan (armor) blok beton, taman lansekap, area bermain, toilet umum, masjid, dermaga apung, pembangkit listrik tenaga surya dan amphitheatre. 


Turut hadir dalam kunjungan tersebut Menteri BUMNbErick Thohir, Kepala OIKN @bambangsusantono , Pj Gubernur Kaltim, dan Pj Bupati Penajam Paser Utara.



Lebih baru Lebih lama