Resmi Dibuka Acara Grand Opening Gedung Baru Pasar Mardika Ambon

Irjen.Pol.Purn (Drs.) Murad Ismail, membuka secara resmi acara Grand Opening Gedung Baru Pasar Mardika Ambon yang ditandai dengan Hand Scanning dan Pengguntingan Pita, pada Kamis (18/4/2024).


Warta PU - Irjen.Pol.Purn (Drs.) Murad Ismail, membuka secara resmi acara Grand Opening Gedung Baru Pasar Mardika Ambon yang ditandai dengan Hand Scanning dan Pengguntingan Pita, pada Kamis (18/4/2024).


Gedung baru pasar mardika ini dibangun pada 30 Desember 2021 dan rampung pada Pembangunan 22 Juli 2023, dengan konstruksi 4 lantai yang menggunakan Anggaran Kementerian Umum Dan Perumahan Rakyat sebesar Rp. 134.863.524.850,-, dan dapat menampung 1.700 pedagang.


Dalam sambutannya Gubernur atas nama Pemerintah Daerah, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat melalui Balai Sarana Prasarana Wilayah Maluku, yang telah mendukung pembangunan Gedung Pasar Mardika Baru ini.


Ia berharap setelah beroperasinya gedung baru pasar mardika, ini tidak ada lagi kelompok-kelompok atau orang tertentu yang mencari keuntungan sendiri di pasar dengan cara melakukan pungutan liar, yang memberatkan para pedagang sehingga berdampak pada naiknya harga barang kebutuhan pokok yang semestinya tidak perlu terjadi.


Sementara itu Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Reza Rizka Pratama mewakili Direktur Prasarana Strategis  Dirjen  Cipta Karya Kementerian PUPR Ir Essy Asiah,MT Menjelaskan acara Grand Opening Pasar Mardika dibangun pada tahun 1988 di atas penimbunan tanah reklamasi yangdilaksanakan tahun 1986-1987. Rekonstruksi pernah dilakukan pasca kerusuhan 1999 oleh Pemerintah Kota Ambon di tahun 2005.


Pada akhirnya Pembangunan Pasar Mardika diperkuat melalui terbitnya Perpres No. 18 Tahun 2020 dengan pengusulan dari Kementerian Dalam Negeri. Penandatanganan kontrak Pekerjaan Pembangunan Pasar Mardika pun dilakukan pada tanggal 30 Desember 2021 oleh BPPW Maluku bersama PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung (Persero) Tbk. sebagai kontraktor pelaksana, dan telah selesai pada 22 Juni 2023, dengan masa pelaksanaan 540 hari kalender.


Turut hadir mendampingi Gubernur yakni, Forkopimda Provinsi Maluku, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Pimpinan Komisi 3 DPRD Provinsi Maluku, Bupati/Walikota, Ketua DPRD Kota Ambon, Kementerian Perdagangan Dalam Negeri, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon.

Lebih baru Lebih lama