Kunjungan ke Bali, Ini yang Dilakukan Menteri PUPR

warta-pu

Dalam kunjungan kerjanya hari ini ke Bali, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau simulasi penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh/Multi Lane Free Flow (MLFF) di Jalan Tol Bali-Mandara, Rabu (22/1).


Kunjungan ke Bali, Ini yang Dilakukan Menteri PUPR

Bali, Warta PU - Dalam kunjungan kerjanya hari ini ke Bali, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau simulasi penerapan sistem transaksi tol nontunai nirsentuh/Multi Lane Free Flow (MLFF) di Jalan Tol Bali-Mandara, Rabu (22/1).


Menteri Basuki berpesan perlu sosialisasi yang cukup jelas, bagi masyarakat yang ingin mencoba teknologi bayar tol tanpa henti ini.


Uji coba MLFF ini adalah transisi yang membutuhkan waktu untuk mengubah kebiasaan masyarakat, seperti saat peralihan transaksi cash menjadi non-cash.


“Teknologinya pasti sudah siap, tantangannya bagaimana implementasinya kepada masyarakat. Saya optimis proses ini akan berjalan lancar. Ini proses untuk lebih maju dengan memanfaatkan teknologi,” kata Menteri Basuki. 


Direktur Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, “Makin cepat makin bagus tapi harus kita evaluasi simulasi pelaksanaannya.” 


Uji coba alat, aplikasi dan simulasi di lapangan MLFF telah diberlakukan di lajur 4 Gerbang Tol Ngurah Rai sejak pekan ke-2 November 2023.


Rencananya sistem MLFF akan diterapkan diseluruh lajur gerbang tol pada Maret 2024, dengan uji coba secara terbatas kehandalan dan efektifitas sistem MLFF pada 12 Desember 2023 hingga Januari 2024, pada kendaraan-kendaraan operasional pemerintah.

#SigapMembangunNegeri

Lebih baru Lebih lama