Kunjungan Penjabat Gubernur Sulsel di Pembangunan Bendungan Pamukkulu

Kunjungan Penjabat Gubernur Sulsel di Pembangunan Bendungan Pamukkulu


Warta PU - BBWS Pompengan Jeneberang terus menggenjot progres pembangunan Bendungan Pamukkulu Kabupaten Takalar yang ditargetkan selesai di bulan Desember tahun ini.


Untuk memastikan hal tersebut, Sabtu 14 Oktober 2023, Kepala BBWS Pompengan Jeneberang menerima kunjungan kerja Penjabat Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan beserta jajarannya di Proyek Pembangunan Bendungan Pamukkulu. 


Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin berterima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui BBWS Pompengan Jeneberang dengan adanya proyek Bendungan Pamukkulu ini diharapkan dapat meningkatkan potensi perekonomian warga kami, secara tidak langsung ada manfaatnya bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).


"tugas saya sebagai penjabat gubernur adalah memastikan proyek strategis nasional (PSN), khususnya Proyek Pembangunan Bendungan Pamukkulu Kabupaten Takalar yang menjadi atensi bapak presiden. Hari ini sudah saya liat langsung progresnya sudah siap dan mudah-mudahan ditahun ini sudah tuntas", tambahnya.


Kepala BBWS Pompengan, Djaya Sukarno menyampaikan progres fisik pembangunan Bendungan Pamukkulu sampai saat ini telah mencapai 78,6 persen. Ditargetkan akan rampung akhir tahun ini.


Bendungan bertipe CRFD ini memiliki tampungan efektif 77,62 juta m³ dengan genangan seluas 460 ha yang berfungsi sebagai pengendali banjir, mengairi irigasi seluas 6.188 ha, air baku 160 liter/detik, pembangkit listrik tenaga air 4,3 MW, konservasi DAS dan pengembangan pariwisata. 

Lebih baru Lebih lama