Investasi Energi Kelistrikan di Sulteng Diminati PMA dan PMDN

Investasi Energi Kelistrikan di Sulteng Diminati PMA dan PMDN


Warta PU - Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) merupakan salah satu sumber energi primer terbarukan yang termasuk sebagai sumber energi yang ramah lingkungan, serta menghasilkan listrik dengan emisi gas rumah kaca hampir nol (0). 


Investasi di bidang energi kelistrikan di Sulawesi Tengah banyak diminati oleh PMA dan PMDN, salah satunya adalah PT. Lobu Dolom Hydropower. 


Perusahaan tersebut berencana akan membangun PLTA berkapasitas 2 x 6,0 MW dengan memanfaatkan energi dari Sungai Lobu Kecamatan Pagimana Kabupaten Banggai yang masuk dalam Wilayah Sungai (WS) Bongka Mentawa yang menjadi kewenangan Provinsi Sulawesi Tengah. 


Tahapan-tahapan dalam rencana Pembangunan PLTA ini telah dimulai dengan studi-studi dan permohonan izin-izin, antara lain Studi Kelayakan (feasibility study), Izin Lingkungan dan Izin Pengusahaan Sumber Daya Air. 


Dalam rangka mendapatkan Izin Pengusahaan Sumber Daya Air, pihak perusahaan sedang mengajukan permohonan izinnya kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) melalui aplikasi OSS. Sebelum izin dikeluarkan, akan ada rekomendasi teknis dari Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (CIKASDA) Provinsi Sulawesi Tengah sebagai OPD yang membidangi pengelolaan SDA WS Kewenangan Provinsi. 


Langkah awal dalam koordinasi rencana pembangunan PLTA ini yaitu pihak perusahaan telah bermohon untuk melakukan audiensi awal dengan OPD terkait berupa diskusi Pembahasan Neraca Air Sungai Lobu dengan tujuan untuk memberikan informasi awal serta ingin mendapatkan arahan dan masukan dari OPD yang terlibat. 


Diskusi Pembahasan ini dilakukan pada hari Jumat, Tanggal 20 Oktober 2023 (20/10/23) di Dinas CIKASDA Prov. Sulteng dengan melibatkan OPD terkait yaitu: Dinas ESDM Prov. Sulteng; DPMPTSP Prov. Sulteng; Dinas LH Prov. Sulteng; dan Pihak Internal Dinas CIKASDA. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Cikasda Prov. Sulteng, Andi Ruly Djanggola. (**)

Lebih baru Lebih lama